polaslot138
polaslot138
polaslot138
polaslot138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138
disko69
slot rusia
disko69
slot thailand
disko69
dino69
lambe77
lambe77
wibu69
dino69
dino69
pargoy88
disko69
disko69
slot thailand
dino69
slot jepang
disko69
ngaso77
zoro77
dino69
dino69
dino69
polaslot138

Barantin Bakal Bikin Kebijakan Karantina RI Bisa Lebih ‘Bertaring’, Ini Penjelasannya

Ekspor-Impor.
0 0
Read Time:1 Minute, 45 Second

Senin, 21 Agustus 2023 – 09:40 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo menggabungkan badan karantina di beberapa kementerian ke dalam satu lembaga menjadi Badan Karantina Indonesia (Barantin). Keputusan itu pun dinilai tepat oleh berbagai kalangan dan para ahli.

Baca Juga :

Heboh Pedagang di Arab Saudi Fasih Bahasa Indonesia, Teriak Nama-nama Capres

Guru Besar di bidang Entomologi Fakultas Pertanian UGM, Prof. Ir. Y. Andi Trisyono, M.Sc., Ph.D. berpendapat,  dengan lembaga karantina yang sekarang membuka peluang bagi teman-teman di Karantina untuk berbenah diri serta mengembangkan karir dan profesionalitas dalam kerangka melindungi negeri. menilai penggabungan itu Langkah yang tepat.

“Yang saya pahami dengan Lembaga baru sekarang ini memungkinkan karantina untuk mengembangkan diri menjadi lebih besar dan lebih baik. ujar Andi yang saat ini juga sebagai anggota Food and Agriculture Organization (FAO) Expert Panel on Pesticide Management, dikutip dari keterangannya, Senin, 21 Agustus 2023.

Baca Juga :

Momen Jokowi Main Tembak-tembakan Bareng ‘Ketua’ Nahyan Anak Bobby Nasution di Mal

“Bahkan kalau dijalankan dengan baik sesuai dengan mandat yang ada ke depan bisa setara dengan lembaga perkarantinaan yang ada di Australia ataupun Amerika Serikat karena badan ini mempunyai ruang lingkup tupoksi yang besar dan langsung bertanggungjawab kepada Presiden,” kata Andi.

Presiden Jokowi jadi pemimpin upacara penurunan bendera merah putih.

Photo :

Biro pers Sekretariat Presiden.

Baca Juga :

Daftar Menteri Kabinet Jokowi yang Ikut Nyaleg DPR di Pemilu 2024

Menurut Andi, peran karantina sangat besar dalam melindungi negeri ini. Khususnya dari bahaya penyakit hewan, hama penyakit tumbuhan (Organisme Pengganggu Tumbuhan), hama penyakit ikan.

Andi mengatakan satu contoh yang mudah untuk membangun karantina ke depan misalnya dengan meningkatkan kemampuan pejabat fungsional karantina untuk mendalami satu spesies Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) yang sudah ditetapkan dalam daftar OPTK. Jadi tidak berhenti sampai pada daftar saja, namun kemudian diikuti bagaimana perkembangan OPTK tersebut di negara lain dan seberapa besar risiko bagi Indonesia.

Halaman Selanjutnya

“Dengan cara tersebut akan ada banyak ahli yang sudah siap dengan pengetahuan dan mungkin pengalaman untuk mengantisipasi atau mencegah masuknya OPTK ke dalam wilayah NKRI. Demikian juga untuk hewan dan ikan. Ini perlu disiapkan sejak sekarang dan terus ditingkatkan,” ujar Andi.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %