polaslot138
polaslot138
polaslot138
polaslot138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138

El Nino Bisa Picu Kenaikan Harga Jagung, Industri Pakan Ternak Wanti-wanti Ini

Ilustrasi unggas / ayam.
0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

Selasa, 20 Juni 2023 – 18:42 WIB

Jakarta –  Dampak dari El Nino salah satunya adalah kenaikan harga bahan pakan ternak seperti jagung, akan mengakibatkan naiknya harga produk perunggasan. Hal itu pada akhirnya bakal berimbs pada kenaikan harga.

Baca Juga :

Viral Video Telur di Dalam Telur, Ini Kata Ahli Ternak Unggas

Hal itu menjadi sorotan saat ini. mengingat, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan puncak kemarau sebagai dampak dari El Nino akan terjadi pada September, Oktober dan November mendatang.

Merespons hal tersebut, Ketua Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) Timbul Sihombing mengungkapkan, industri pakan ternak memerlukan terobosan dan inovasi untuk mengatasi lonjakan harga jagung sebagai dampak dari El Nino. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sumber bahan baku alternatif.

Baca Juga :

Tok! Pemerintah Tetapkan Cuti Bersama Idul Adha 28 dan 30 Juni 2023

Ilustrasi flu burung lewat unggas

“Dua bulan lalu kami dari asosiasi diundang oleh Pemerintah Korea untuk hadir di sana. Mereka memperkenalkan produk lalat hitam sebagai bahan baku pakan ternak. Di sana sudah menjadi industri, bayangkan lalat yang kecil-kecil itu sudah diproduksi ton-tonan dan mereka sudah punya asosiasi,” kata Timbul dalam webinar El Nino Datang Lagi: Bagaimana Antisipasi Sektor Pertanian dan Perunggasan,” Selasa, 20 Juni 2023, di Jakarta.

Baca Juga :

Muhammadiyah Imbau yang Idul Adha 28 Juni Pemotongan dan Pembagian Hewan Kurban di 29 Juni

Dia menjelaskan, meski harga lalat hitam mahal, namun dengan kandungan protein 40-50 persen maka lalat hitam bisa menjadi alternatif sumber protein pengganti bahan pakan ternak yang lain. Hal itu telah dibuktikan oleh, Pemerintah Korea yang sangat mendukung semua pelaku industri untuk menggunakan lalat hitam sebagai alternatif bahan baku pakan.  Apalagi Saat ini, lalat hitam sudah diproduksi berton-ton dan dijual ke sejumlah perusahaan.

“Harganya memang masih mahal sekitar 3-5 dolar tapi ini bisa menjadi alternatif. Meskipun tidak akan menggantikan bahan baku pakan ternak, tapi bisa menjadi substitusi sebagian,” jelas Timbul.

Halaman Selanjutnya

Substitusi bahan pakan ternak lainnya adalah nasi pecah, mie pecah dan biskuit pecah. Kata Timbul, industri pakan ternak sudah mulai mencari substitusi bahan baku pakan karena harga jagung pada triwulan pertama 2023 mulai naik.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %