polaslot138
polaslot138
polaslot138
polaslot138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138

Jokowi Targetkan Proyek Smelter Freeport di Gresik Tuntas Sebelum Mei 2024

Presiden Jokowi tinjau pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik
0 0
Read Time:1 Minute, 47 Second

Selasa, 20 Juni 2023 – 19:07 WIB

Jawa Timur – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pabrik tembaga atau fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) tembaga di Kawasan Ekonomi Khusus Industri Java Integrated dan Industrial Port Estate (KEK JIIPE) Manyar, Gresik, Jawa Timur pada Selasa 20 Juni 2023.

Baca Juga :

Isu Jokowi Main 2 Kaki Dukung Prabowo di 2024, Puan Merespons

Kunjungan Jokowi ke Gresik ini dilakukan setelah sebelumnya Presiden Jokowi melakukan peninjauan ke pabrik smelter yang ada di Kawasan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).

“Tadi pagi setelah meninjau PT Amman di Sumbawa Barat, NTB yang telah selesai kurang lebih 51 persen, sore hari ini saya datang ke smelter miliknya PT Freeport Indonesia dan Alhamdulillah di sini juga sudah selesai lebih dari 72 persen seperti sekarang kita lihat dan kita harapkan semuanya nanti selesai sebelum Mei 2024,” kata Jokowi di Gresik, Jawa Timur, Selasa 20 Juni 2023.

Baca Juga :

Hilirisasi Buka Lapangan Kerja Baru, Menteri Suharso Harap Dilanjutkan Pengganti Jokowi

Presiden Jokowi tinjau pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik

Jokowi mengatakan, Smelter PT Freeport ini memiliki kapasitas produksi konsentrat 1,7 juta ton pertahun, yang menghasilkan katoda tembaga kurang lebih 600 ribu ton per tahun. Menurut Jokowi, nantinya semua bahan tersebut akan disatukan dengan sejumlah bahan lainnya sehingga menjadi produk berupa EV Baterai yang merupakan komponen inti kendaraan listrik.

Baca Juga :

Respons Jokowi soal Mimpi SBY: Itu Mimpi Kita Semua

“Inilah yang nanti, yang tadi saya sampaikan yang harus diintegrasikan dengan nikel yang ada di Sulawesi, dengan Bauksit yang ada di Bintan, dan Kalimantan Barat dengan Tin yang ada di Bangka Belitung dengan tadi diserap oleh apa copper foil di sini sehingga terintegrasi menjadi ev baterai, lithium baterai, yang itu akan diintegrasikan lagi menjadi kendaraan listrik,” kata Jokowi

Kepala Negara meyakini, Indonesia akan memiliki kekuatan dan daya saing apabila sudah mampu memproduksi kendaraan listrik sendiri mulai dari hulu hingga hilir. Indonesia akan bertumpu pada Produksi, bukan konsumsi.

Halaman Selanjutnya

“Kedepan kita memiliki daya saing di situ, competitiveness kita ada di situ, itulah yang kita gunakan sebagai pijakan. Smelter ini pijakan pondasi untuk kita menjadi negara maju karena dari yang bertumpu pada komsumsi, sekaramg pada produksi,” ujar Jokowi

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %