polaslot138
polaslot138
polaslot138
polaslot138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
maxwin138
epicwin138
epicwin138
epicwin138

Jutaan Hektare Lahan Sawit Diputihkan, DPD Sebut Perburuk Citra Komoditas RI

Petani kelapa sawit memanen tandan buah segar kelapa sawit di tengah banjir luapan Sungai Kampar, Riau. (Foto ilustrasi)
0 0
Read Time:1 Minute, 14 Second

Senin, 3 Juli 2023 – 12:28 WIB

Jakarta Langkah Pemerintah memutihkan 3,3 juta hektare lahan sawit di kawasan hutan dipandang justru akan memperburuk citra Komoditas perkebunan, khususnya kelapa sawit di pasar global.

Baca Juga :

BPS: Inflasi saat Idul Adha Lebih Rendah Dibanding Ramadhan dan Idul Fitri

Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin menyebut, upaya ekstensifikasi Industri kelapa sawit Indonesia yang tidak terkontrol menyebabkan komoditas ekspor andalan Indonesia ini identik dengan isu deforestasi. 

“Sehingga beberapa negara maju seperti Uni Eropa terpaksa mengontrol secara ketat setiap produk turunan dari hasil perkebunan dan kehutanan Indonesia,” kata Sultan, Senin, 3 Juli 2023.

Baca Juga :

Cek Fakta: Pemerintah Berangkatkan 20 Ribu Prajurit ke Al Zaytun

Diketahui, European Union Deforestation Regulation atau EUDR adalah kebijakan yang mengatur komoditas dan dampaknya terhadap deforestasi. Dalam hal ini, komoditas yang termasuk adalah kedelai, kayu, daging sapi, kakao, karet, kopi, dan minyak kelapa sawit.

Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.

Baca Juga :

BPS Ungkap Biang Kerok Inflasi Selama Semester I-2023

“Kami mengapresiasi langkah serius satuan tugas sawit dalam mendata ulang luasan lahan sawit. Meskipun belum terlihat adanya upaya Pemerintah untuk memulihkan kembali citra industri sawit Indonesia yang lebih berkelanjutan,” kata Sultan. 

Menurut Sultan, Pemerintah sebaiknya fokus menata dan memetakan kembali penguasaan luasan lahan perkebunan sawit oleh korporasi. Seraya memulihkan kembali kawasan hutan yang dijadikan perkebunan sawit selama ini.

Halaman Selanjutnya

Lebih lanjut Sultan menegaskan, memutihkan 3,3 juta hektare lahan sawit ilegal di kawasan hutan semakin memperburuk citra Komoditas Sawit Indonesia di mata masyarakat internasional. 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %